Tidak sedikit para pengguna PC (Personal Computer) yang mengalami hal seperti misalnya komputer tiba-tiba mati total. Padahal kerjaan masih banyak, yang tidak kalah pentingnya bagaimana data bisa digunakan?
Hal ini memang sangat mengganggu apalagi bagi yang tidak mengerti teknik komputer. Kali ini saya akan berbagi tips dan ini lazim serta tidak terlalu memerlukan keahlian khusus (kondisi harddisk ok, ya..)
Jika hal ini terjadi pada anda, jangan terlalu khawatir! Lakukan langkah-langkah berikut:

1. Siapkan obeng plus, lalu buka tutup casing sebelah kiri.

2. Copot kabel harddisk (Kabel data dan kabel powernya), buka baut harddik, biasanya ada 2 baut tapi ada juga yang 4 baut, berarti anda harus membuka tutup casing sebelahnya lagi.

3. Buat yang udah punya Case Hdd 3,5″ akan lebih mudah kita tinggal pasangin harddisk tersebut ke dalam Case Hdd 3,5″ lalu colokin ke USB Port laptop / PC maka akan terdeteksi hdd tersebut.

4. Buat yang ga punya gapa2 yang penting ada salah satu PC yang nyala, anda hanya tinggal menggandeng hdd tadi ke tempat PC yang nyala.

5. Tipe hdd ga masalah (SATA/IDE) yang penting jangan kebalik pasang kabel power / data. Supaya lebih gampang copot aja kabel yg ke dvd ganti dengan hdd tadi. Nyalain PC nya nanti akan terdeteksi harddisk yang akan kita ambil datanya.

6. Kalau sudah terbaca silahkan copy data yang anda anggap penting ke PC cadangan…

 

Iklan